PENGARUH ITEGRITAS DAN KOMPETENSI SPIRITUAL GURU KRISTEN TERHADAP KARAKTER SISWA SMPN 11 KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.48125/jtb.v9i2.241Kata Kunci:
Integritas, kompetensi, Kompetensi Spiritual, Guru Kristen, Karakter SiswaAbstrak
Adapun tujuan penelitian adalah (1) untuk mendeskripsikan integritas guru Kristen, kompetensi spiritual guru Kristen, dan karakter siswa SMPN 11 Kupang; (2) Mengetahui ada/tidaknya pengaruh yang signifikan dari integritas guru Kristen terhadap karakter siswa SMPN 11 Kupang; (3) Mengetahui ada/tidaknya pengaruh yang signifikan dari kompetensi spiritual guru Kristen terhadap karakter siswa SMPN 11 Kupang; (4) Mengetahui ada/tidaknya pengaruh yang signifikan dari integritas guru Kristen dan kompetensi spiritual guru Kristen secara bersama-sama terhadap karakter siswa SMPN 11 Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan ex post facto. Responden dalam penelitian ini teriri dari 50 orang guru dan 50 orang siswa. Data dikumpulkan dengan angket yang sudah valid. Analisis data menggunakan program SPSS V25 for windows. Hasil analisis deskriptif tiap variabel menunjukkan bahwa Integritas dan kompetensi spiritual guru kristen di SMPN 11 Kupang, dengan capaian masing-masing 98% (kategori baik sekali) dan 94% (kategori Baik Sekali). Karakter siswa menunjukkan bahwa terdapat 76% siswa dengan kategori Baik Sekali. hasil uji regresi: (1) bahwa pengaruh integritas guru tidak signifikan terhadap karakter siswa (nilai signifikansi 0,834 > 0,05); (2) bahwa pengaruh integritas guru tidak signifikan terhadap karakter siswa (nilai signifikansi 0,789 > 0,05); (3) bahwa pengaruh integritas guru dan kompetensi spiritual guru tidak signifikan terhadap karakter siswa (nilai signifikansi 0,946 > 0,05). Jadi, Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari integritas guru Kristen dan kompetensi spiritual guru Kristen terhadap karakter siswa SMPN 11 Kupang.